Jumat, 14 November 2014

Karimunjawa Jepara Jawa Tengah (Update terbaru ala Backpacker)

Perjalanan pertama kali ke Karimunjawa, tanggal 4 Nopember 2014 aku dan temanku secara mendadak dan tidak direncanakan tiba-tiba mempunyai inisiatif berangkat juga ke pulau terpencil Karimunjawa  di Jepara Jawa Tengah setelah sekian lama banyak planing mulai semester 1 sampai aku lulus kuliah gak berangkat-berangkat dan akhirnya kita ditakdirkan beragkat dengan buget yang cukup nipis,hehe
But no problem, tantanganya kan disitu cuy, ok ga banyak bacot ya, aku bakal tulis pengalamanku disana.

Hari senin tanggal 3 Nopember aku beli tiket kereta di Indomart dengan jurusan Surabaya pasar turi ke Semarang Poncol dengan Harga 55rb, Selasa tanggal 4 Nopember aku berangkat ke Surabaya Pasar Turi dari rumahku dipandaan jam 4 subuh dianter sama ayah tercinta bawa motor, sampai sana jam 5 subuh karena aku beli tiket kereta jam 6 pagi, kereta Maharanipun sudah ready menunggu penumpangnya aku duduk manis digerbong 3 sendirian sambil sarapan sari roti isi coklat+ air mineral yang aku bawa dari rumah, loh kok sendirian?bukanya sama temen ya? Nahh temenku posisinya dibogor, so kita berangkat sendiri-sendiri dan dipertemukan di Semarang poncol, pukul 10.30 aku sampai di semarang, sambil nunggu temenku yang dari bogor dateng jam 12.45 aku makan nasi padang+es jeruk diwaiting room dengan harga 27rb, dan akhirnya temenku dateng lalu kita jalan ke depan stasiun untuk cari angkutan menuju terminal terboyo di semarang, bnyak angkutan menuju terminal terboyo salah satunya mini bus yang saya naiki dengan harga 10rb, sekitar 15 menit kita sampai diterminal terboyo lalu kita cari mini bus lagi tujuan terminal Jepara, perjalanan -+3jam dengan harga 20rb, memang melelahkan tapi setelah sampai dijepara cape ga berasa soalnya sepanjang perjalanan banyak rumah unik ala jepara seperti di laga indosiar mak lampir itu, haha, so jangan tidur deh kalo pengen liat rumah unik dijepara, kita sampai diterminal jepara perjalanan berlanjut ke pelabuhan Kartini jepara dengan naik becak sekitar 10mnt dengan harga 20rb.

Berhubung penyebrangan jepara-karimunjawa hanya ada pagi hari, otomatis kita stay dulu di pelabuhan kartini. Kita cari homestay di kota baru yang ga jauh dari pelabuhan, sebelumnya saya sudah booking homestay kamar AC kamar mandi dalam dengan harga 160rb jadi kita dateng langsung masuk kamar mandi, ga kuat cuy sama panasnya, disana juga tersedia kamar non AC kamar mandi luar harganya 70rb. Uda mandi kita cari makan disekitar homestay situ, kalo malam hari bnyak yang jual makanan dari harga 3000-20.000, yang jelas kita cari yang murah tapi enak, pilihanya ya sego kucing khas jepara seharga 3000 ikan teri sama pesen es teh 1 gelas join buat berdua, hahaha ngirit cuy >.<  . Lalu sesudah makan kita istirahat total biar besok fresh.

Home Stay Kota Baru di Pelabuhan Kartini

Hari rabu tanggal 5 Nopember 2014 jam 6 pagi kita jalan menuju pelabuhan untuk membeli tiket kapal ferry seharga 44rb perjalanan 5jam, ada yang cepet yaitu kapal kartini harga 84rb (2,5 jam), express bahari 110rb (2 jam), tapi berhubung hari rabu adanya kapal ferry yang berangkat ya kita naik itu. Sebelum masuk kapal saya beli nasi bungkus didepan kapal sehrga 5rb karena didalem kapal gda yang jual nasi adanya popmie dan itu mahal cuy, Didalem kapal selfie2, tidur, nyemil biar ga betek, aku saranin jangan beli jajan dikapal, mahal boo masa semua serba 10rb, mau itu gede kecil.
Kapal Ferry Muria dengan AC alami

6 jam telah berlalu dan kita disambut dengan air laut yang beningnya luar biasa dengan ke indahan alam yang begitu eksotik, subehanallah …itu baru dipelabuhan karimunjawa aku uda kagum, belom jalan-jalanya.

Sebelumnya aku sudah  browsing soal turguide dikarimunjawa, aku memutuskan untuk memakai turguide yang bernama mas Asok, kita uda janjian ditelfon buat ketemu dipelabuhan Karimunjawa, jadi kita turun kapal langsung dijemput sama mas Asok naik motor, tujuan utama kita ke tempat makan sambil ngobrol gimana-gimananya kita ntar saat tour, sambil makan mas asok menjelaskan paket tour yang harus kita pilih, ada private tour seharga 920rb sehari ( cam underwater, bakar2 ikan, alat snorkeling, perahu) dan gabung tour rame-rame seharga 200rb sehari( sama). Kita mutusin buat private tour karena jatuhnya sama aja si Cuma bedanya kan kalo private kita bisa beli waktu, mau kita berjamjam dilokasi yang kita tuju terserah, kita mau kemana juga terserah gda yang atur. tapi kalo ikut gabung sm tour rame-rame waktu dan tempat sudah dijadwalkan.

Setelah tour sudah fix, aku minta bantuan mas asok untuk cari homestay yang bakal kita tempatin dikarimun, berhubung aku sudah membayangkan tidur di wisma apung yang harganya 250rb (km dalam+fan) sehari, berangkatlah kita kesana, namanya juga wisma apung, jelas ngapung dong ya ditengah laut,loh terus gimana kesananya? Tenang aja, wisma apung sudah menfasilitasi perahu antar jemput buat ksna, so kita tinggal calling minta jemput aja, yeeeeee wisma apung I am coming, kalian jangan bayangin wisma apung itu sekelas hotel, no no no, wisma apung itu terbuat dari kayu dengan fasilitas ala kadarnya, but nyaman kok dengan angin yang langsung menuju kamar sensinya berasa tidur di tengah laut cuy, tapi yang bikin jengkel itu susah air, ngirit banget airnya, jadi mau mandi kudu ngomong ibunya dlu minta air, hufftt… tapi gpplahnya kapan lagi gitu.

Wisma Apung Karimunjawa

Sore hari di wisma apung gatel banget badan kalo ga nyebur ke laut dengan terumbu karang warna warni dan ikan cantik yang menyambut kita, ga pake lama aku sama temenku sewa alat snorkeling 30rb buat nyebur, yeeeee kita nyelam dan ga berasa sampai nemu pantai yang ga ke urus dengan pasirnya yang putih alami, kita nikmatin sunset disana, hmm keren kan, terus uda mau gelap kita nyelam lagi menuju wisma apung. Mandi-mandi wangi cari makan deh ke alun-alun karimunjawa, disana mayoritas jual hasil laut lalu dimasak, kita tinggal pilih aja mau apa, aku makan kerang 20rb sama cumi yang masih fresh di crispy 20rb sm es the 5rb, nyam..nyammm maknyuss, pukul jam 21.00 kita balik ke WA istirahat, aku sengaja tidur lebih awal soalnya ga sabar buat jalan besoknya, biar ga berasa lama makanya aku tidur cepet.

Pukul jam 5 pagi aku terbangun dengan cahaya oranye masuk diselasela jendela kamar, aku buka pintu dan selamat pagi sunrise karimunjawa yang cantik, aku duduk dibalkon sambil bersyukur bisa menikmati keindahan ini. Jam 6 pagi aku mandi sama prepare buat jalan pagi itu, jam 7 mas asok sudah tiba di depan WA dengan perahunya, “hallo mba prisca ayo kita nikmati surga seharian ini, ucap mas asok” LET’S GO!!! Ga pake lama aku langsung naik perahu, kita menuju barat karimunjawa, tujuan pertama ke menjangan kecil untuk snorkling, yess ga pake lama langsung nyebur dan selfie sama ikan dan terumbu karang yang  luar biasa, tujuan ke dua ke menjangan besar kita disambut hamparan pasir putih dan beberapa cottage yang menarik, tujuan ke tiga ke cemara besar, ini yang aku tunggu-tunggu, dan aku melihat sebuah pulau yang benar-benar luar biasa, baru sekali aku lihat keindahan seperti ini, thanks god engkau sungguh luar biasa menciptakan Indonesia, dicemara besar kita bakar ikan dan main pasir. Tujuan ke empat kita snorkling lagi, ga jauh dari cemara besar, tujuan ke lima kita ke pantai tanjung gelam untuk menikmati sunset sambil minum kelapa muda dan pisang goreng anget.

Snorkling Pulau Menjangan Kecil

Pulau Mengajagan Besar

Snorkeling Cemara besar

Pulau Cemara Besar

Pantai Tanjung Gelam

Gelap mulai terlihat, angin malam mulai menyentuh, kami memutuskan untuk mengakhiri perjalanan, Hari jumat kita memutuskan untuk pulang karena lagi-lagi waktu sudah mengajak ke kegiatan sehari-hari, setelah sudah cukup puas dan kebetulan ada kapal kartini saat itu, kita naik kapal kartini dengan harga 84rb yang sudah di belikan sama mas asok, jadi kita tinggal berangkat aja. Pukul 9 kita naik sampai pelabuhan kartini jam 11.30, berhubung kita masih penasaran sama pantai kartini, kita memutuskan untuk jalan-jalan dulu, kita masuk ke kura-kura sea world seharga 12.500, terus makan baso ga pake saos kecap cabenya 2 sendok, setelah itu kita pulang deh. Naik becak ke terminal jepara 20rb, naik bus dari terminal jepara turun terminal troboyo 30rb, naik bus terminal terboyo ke stasiun tawang 7500, karena saat itu stasiun tawang masih menyediakan tiket kereta menuju Surabaya. Stasiun  poncol dan tawang berjarak dekat sekali kurang lebih 10 meter.