Rabu, 26 Juni 2019

Trip Labuan bajo bawa baby usia 2th , why not?


Minim sekali informasi trip ke labuan bajo dengan membawa anak di usia 2th, sebelum berangkat aku uda baca blog sana sini tapi cuma ada 1 informasi yang aku dapetin, bingung dong ya aku sebagai seoorang ibu bawa anak yang masih tergolong baby, aman ga, bisa ga ya tracking ke bukit, bisa ga ya living on boat 3D2N, mabok ga ya, uda was-was aja, karena mau ga mau aku harus ajak Alesha ( alesha adalah my baby sweety yg masih berusia 2,5th), nah di sini aku bakal tulis pengalaman aku disana dan terjawab sudah kegelisahan emak-emak yang uda kebelet trip ke labuan bajo tapi baby ga bisa ninggalin baby, huhu

Kalau kita ngga coba ngga akan pernah tau hehe
Intinya yakin dan percaya aja sih, apalagi kalau sudah terbiasa ngajak anak traveling, alesha termasuk anak yang sering aku ajak traveling, kita sering jalan berdua aja tanpa suami, karena memang suamiku susah buat atur waktu. Kita berdua udah terbiasa mandiri, hehe. Dan sejak dalam perut pun suka aku ajak keluyuran, panas2an, susah payah dan lain sebagainya.

Tips: 
  • Sebelum berangkat  beri tahu kalau kita mau jalan dan tidur di kapal, pokonya kasi dia cerita yang menarik, kalau alesha suka banget berenang jadi aku bilang aja mau berenang di laut. Dan dia happy sekali hehe
  • Beri jedah untuk dia istirahat, jangan dipaksakan untuk tetep jalan, salah satu dr orang tua harus mengalah stay di kapal, jika ttp ingin melanjutkan trip
  • Bawa makanan / cemilan kesukaan dia, perkirakan sampai 4 hari masih cukup, karena alesha suka banget nyemil jadi 30% bawaan kita adalah makananya alesha
  • Bawa alat  makan yang praktis, alesha termasuk anak yg jam makanya bisa terjadwal, nah sedangkan kita di kapal ga bisa menebak kapan kita makan,  contoh breakfast biasanya jam 8 pagi bisa juga di bawah jam  8pagi, Ga nentu lah intinya. Nah manfaat kita bawa alat makan, kita bisa ambilin makanan jika sudah tersedia untuk bekal saat di lapar. 
  • Bawa sunblock, sanmol ( karena alesha kalau uda main air ga tau waktu bisa mendadak demam), dan obat2an yg sekiranya di perlukan mom
  • Baju renang yang tertutup, karena di labuan bajo cuaca ga nentu, bisa jadi pas kita main air cuaca panas banget. Kadang gerimis, selain itu pasir dipantai juga minim yang nyelip ke badan kan mom kalau baju renangnya tertutup. Tapi alesha ga sempet pake baju renang, uda ke asyikan dia liat air jadi langsung nyemplung.hehe
  • Pelampung sesuai dengan usianya, karena dr kapal hanya menyediakan pelampung dewasa
  • Topi 
  • Gendongan yg nyaman, ini penting banget karena trip pulau komodo itu 60% jalan kaki
  • Jangan lupa bawa ransel ya mom, untuk di bawa saat kita turun dr kapal, karena multifungsi banget, bisa di isi makanan dan apapun itu yg diperlukan saat trip

Nah itu tadi tips dari aku, so buat mama muda kayak aku gini bikin enjoy aja meskipun traveling bawa baby, banyak hal kok yang kita dapat kalau sering bawa dia traveling apalagi mengenal alam. 
Baca perjalananku di labuan bajo di sini ya, klik

Ini dia sebagian foto living On Board trip Labuan bajo 


Gendong part 1



Gendong part 2




Gendong part 3



hai sunrise


main air yuk



 Aku dan mama lihat komodo besar 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar